Marketing Radio atau Account Executive

Profesi yang satu ini paling susah didapat dan langka untuk dunia broadcast radio. Maklum, identifikasi kata Account Executive/AE adalah “sales” dalam istilah awam yang seringkali dianggap sebagai pekerjaan yang paling susah di Radio.

Menjadi AE memang merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan ketekunan. Yang paling penting adalah menguasai produk dari Radio tersebut. Karena radio adalah sebuah perusahaan jasa, otomatis yang dijual adalah jasa dan bukan barang (beda dengan jualan rokok, jualan pisang, dll)
Hampir semua radio di Indonesia mempunyai masalah yang sama dalam mencari seorang AE yang benar-benar handal dan mencintai pekerjaannya. Rata-rata di beberapa radio bahkan direktur, manager turun tangan dalam urusan penjualan jasa radio.

Jika ingin menjadi AE, maka pertanyaan yang pertama adalah apa yang menjadi PRODUK dari radio tersebut?, pertanyaan ini harus anda jawab sebelum anda bicara lebih lanjut tentang penjualan radio.

Produk Radio adalah PENDENGAR, berapa jumlah pendengar adalah merupakan hal yang perlu anda ketahui ketika berhadap dengan klien anda. Untuk mengetahui ini tentunya membutuhkan riset atau penelitian yang biasanya dilaksanakan oleh lembaga survey seperti AC Nielsen atau bisa juga dilakukan sendiri dengan bantuan pakar penelitian (kalangan akademisi kampus).

Dibandingkan dengan TV, pendengar Radio saat ini memang jauh dibawah rata-rata, hal ini menurut saya karena banyak radio yang tidak tahu atau tidak mengerti tentang bisnis yang digelutinya. Sesuai data dari AC Nielsen tahun 2005, Konsumsi media masyarakat lebih banyak untuk TV sekitar 82 persen. Sementara masyarakat yang mendengarkan radio hanya sekitar 38 persen.

Hal ini sangat berbanding terbalik dengan negara-negara maju seperti di USA dan Belanda. Semisal di Belanda sesuai data European Interactive Ad Asc, konsumsi radio lebih besar sekitar 18,2 persen dibandingkan dengan TV yang hanya sekitar 15,4 persen.

Di Indonesia juga saat ini belanja Iklan TV lebih banyak dibandingkan dengan belanja iklan radio. Sejak tahun 2004 TV mengungguli radio dengan perolehan belanja iklan sekitar 61,3 persen dan radio hanya 2,4 persen. Jumlah ini terus menurun pada tahun 2008, untuk TV 58,3 persen sementara radio hanya 1,3 persen (sumber: media scene 2007-2008).
Dalam sebuah diskusi di Bali, Andrus Roestam Munaf, salah seorang pemateri tentang bagaimana mengmbangkan bisnis radio ini sempat mempertanyakan kepada sekitar 85 orang pemilik radio, bahwa banyak kita (baca: pemilik radio) yang belum paham tentang apa sebenarnya bisnis radio tersebut. Hal ini tentu saja berpengaruh pada AE yang akan mengeksekusi penjualan radio di lapangan.

Setelah mengetahui dengan persis produk radio kita (pendengar) maka tentu AE akan mempelajari psotioning, program dari radio sendiri. Hal inilah kemudian yang akan dibawa ke pengiklan untuk mempromosikan produknya melalui radio. Rata-rata pengiklan pasti akan bertanya “Berapa banyak pendengar anda” dan kemudian “ini radio apa”. Untuk menjawabnya tentunya seorang AE harus betul-betul mempunyai komunikasi interpersonal dan penguasaan tentang data radio yang baik sehingga membuat pengiklan tertarik untuk mempromosikan produknya.

4 Responses to “Marketing Radio atau Account Executive”

  1. Yap, bikin program yang bagus dan tepat untuk ceruk pasar yang tepat. kemudian, kesadaran pelayanan yang tinggi, salah satu kunci sukses.

  2. setuju,buat program yang jelas….pada intinya,harus ada kerjasama dr semua pihak di dalm radio itu sendiri..

  3. eaph , untung AE radio w lumayan handal .
    emg c , susah bgd cr AE yg btul” profesionaL .

  4. Mohamad Reza Says:

    memang mencari “profesionalitas” itu sangat sulit, tapi kalo AE anda dah jago saya pikir radio anda pasti tidak ada masalah..hehehehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: