Unggul & Lemahnya Radio

radio_classicSebagai sebuah media, radio juga mempunyai keterbatasan dan keunggulannya. beberapa keunggulan radio saya pikir adalah :

1. Cepat

Radio merupakan media informasi yang sangat cepat dibandingkan dengan media saingannya seperti koran dan TV, untuk mendapatkan informasi, koran harus melalui mekanisme cetak, sehingga biasanya kita akan mengetahui perkembangan informasi pada besok harinya. Sementara TV, harus melalui proses produksi, meski disiarkan live dari satu lokasi, penyiapan peralatan TV jauh lebih sulit ketimbang radio. Sebaliknya, radio akan bisa memberikan informasi yang sangat cepat kepada pendengar, hanya dengan bermodalkan Handphone, reporter atau penyiar radio, bisa menelp ke radio, dan menyampaikan informasi yang dibutuhkan pendengar.

2. Akrab & Dekat

Biasanya orang sangat dekat dengan radio, karena kepemilikan radio lebih dekat ke pribadi ketimbang media lain, apalagi dengan munculnya teknologi radio yang ada dalam HP saat ini. Ditambah dengan suara penyiar yang membuat pendengar berpikir bahwa penyiar berkomunikasi dengan dirinya membuat esensi radio secara lebih dekat dan akrab kepada pendengar

3. Sederhana

Radio adalah sebuah media sederhana, dengan modal yang kecil kita bisa membeli pesawat radio dimanapun, beda halnya dengan TV, kita harus merogoh kocel dalam jumlah yang besar untuk membeli pesawat TV, sementara untuk koran memang harganya lebih murah, akan tetapi setiap hari kita akan terus beli koran, karena berita dikoran sebelumnya tidak bisa dipakai untuk waktu yang lama. Mendengarkan radio juga tidak dikenai pajak apapun, hal ini membuat radio sebagai media yang sederhana dan murah.

4. Tanpa Batas

Radio dipancarkan melalui frekwensi tertentu yang tidak terhalang oleh kondisi geografis manapun, hal ini membuat radio tanpa batas, meski kadang studio berada di kota, tapi kita bisa menikmati siaran tersebut didaerah-daerah kabupaten misalnya.

5. Fleksibel

siaran radio bisa kita nikmati kapan saja, bahkan saat ini banyak radio yang sudah mulai mengudara 1×24 jam, jika tidak bisa mendengarkan radio di jam tertentu, maka kita bisa mendengarkan radio setelah beraktivitas.

Sementara itu, keunggulan radio juga membuat kelemahan yang cukup signifikan, beberapa kelemahan radio adalah sebagai berikut:

1. Selintas

Karena kecepatannya, maka radio merupakan media yang selintas. siarannya cepat hilang dan gampang kita lupakan. Kita tidak bisa bilang “Maaf, saya tidak dengar siaran tadi, bisa kau ulangi lagi?”, jika toh program itu diulang maka tidak pada waktu yang cepat, biasanya siaran ulang radio dilakukan sehari atau lebih dari penyiaran sebelumnya.

2. Mengandung Gangguan

karena persoalan teknis ada juga radio yang mengalami gangguan noise dan sebagainya, ini juga merupakan gangguan, bahkan kadang-kadang siaran yang lagi kita nikmati berhenti gara-gara banyak radio yang tidak menggunakan Genset, sementara PLN sekarang ini suka melakukan pemadaman listrik.

3. Alurnya Sudah ditentukan

Dalam penyiaran radio, program sudah ditentukan terlebih dahulu oleh kepala bagian program, artinya kita tidak bisa mendengarkan siaran secara “loncat-loncat” dari satu siaran ke siaran yang lain. dalam radio biasanya sudah ada format clock yang disiapkan. Sehingga pendengar tidak bisa seenaknya memilihan program siaran yang diinginkan.

5 Responses to “Unggul & Lemahnya Radio”

  1. Ryan Shinu Raz Says:

    Halo…

    Ada Artikel yang ngebahas tentang cara menyiar yang lebih detail gak?
    Minta tolong di informasikan dunk..

    Terima Kasih sebelumnya…

  2. sawa’….
    PLN memang beken hawas!
    Apalagi klu pas TALK SHOW…..
    MAlu dehhhhhhhhhhh

    Buktinya,,,,, banyak kan???
    Reza juga PASTI lebih tau dri sy yg bukan sypa2.
    Trims.

  3. Gaga skali ti Ka Eca p ulasan sup.

  4. Mohamad Reza Says:

    terima kasih ningku, kalo ada kekurangan dalam tulisan ini, mohon dikoreksi, saya hanya manusia biasa…

  5. Mohamad Reza Says:

    I’m working on it Ryan, sorry agak telat, coz I’ve many things to do now…kalo dah ada segera saya posting..tq dah mampir Ryan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: