Menjadi Penyiar (atau DJ)….

Secara simple saya mengartikan bahwa PENYIAR adalah orang yang bertugas membawakan atau memandu satu acara (program) di radio.

Profesi yang satu ini merupakan satu profesi unggulan radio. Dari penyiarlah maka radio tersebut kemudian memulai image sebagai sebuah station, bagaimanapun kehebatan tim lain baik advertising, news, equipment, dll, tanpa penyiar yang handal, maka semuanya akan sia-sia. Bayangin aja, satu waktu kita menghidupkan radio, yang keluar kemudian suara penyiar tanpa notasi atau fals seperti gagak yang tak makan selama seminggu. Kita pasti akan menekan tomboll off diradio atau pindah ke chanell lain.

Menjadi seorang penyiar ini juga hal yang mudah bagi sebagian orang, dan juga tidak mudah bagi yang lain. Mudah bagi orang yang sudah mengikuti pendidikan tentang broadcast radio tentunya dan sulit untuk yang sama sekali tidak tahu apa-apa dan juga tidak ingin mencari tahu tentang bagaimana menjadi seorang penyiar..

Penyiar yang baik harus memiliki keahlian yang memadai. Beberapa ketrampilan dasar atau modal utama yang harus dimiliki penyiar menurut saya adalah:
1. Kelancaran Berbicara
2. Kualitas Suara, dan
3. Wawasan yang luas.

Ini menurut saya adalah 3 hal yang perlu jadikan pijakan awal sebelum melangkah maju untuk menjadi seorang penyiar. Penyiar harus lancar dalam berbicara, tapi lancar bukan berarti ngebut seperti moto gp, lancar yang saya maksudkan adalah tidak terbata-bata, dan tidak gagu dalam menyatakan apa yang ada dalam pikirannya.

Kualitas suara juga merupakan modal yang baik, meski beberapa radio kadang mengutamakan penampilan telebih dahulu kemudian kualitas suara, tapi bagi saya hal ini agak keliru, kualitas suara merupakan modal utama karena di Radio, pendengar hanya mendengarkan suara penyiar saja, lain hal-nya dengan TV, untuk TV presenter harus memiliki modal tampang dan suara yang baik. Oleh karena itu janganlah kaget, jika rata-rata penyiar radio jarang sekali yang mempunyai wajah yang beutifull atau handsome (rata-rata ancur…ingat ada kata rata-rata).

Wawasan juga sangat dibuthkan, nah untuk mendapatkan wawasan yang luar ini, tentunya orang harus sering melihat dan mendengar. Melihat yag saya maksudkan adalah membaca, menonton TV, surfing Internet, dsb. Mendengar tentu saja mendengarkan radio.

3 Responses to “Menjadi Penyiar (atau DJ)….”

  1. hahahaha…benar…tp kdg2 ada pendengar yg ngefans berat sm penyiarnya lo…walaupun “rata2 ancur…”

  2. Butul ituuuuuuuuu,, tapi, Reza sendiri BAGUS tidak????

  3. Mohamad Reza Says:

    wah, I’ve no idea how to mark my self….ehheheheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: